PENGERTIAN & MACAM - MACAM PERSEDIAAN

Selasa, 25 September 2012


Sediaan barang dagang
Adalah persediaan barang-barang yang ditunjukan untuk keperluan komersial (jual-beli) dengan kaarakteristik diperoleh dari pembelian kepada pemasok lalu dijual kepada pelanggan.

Sediaan bahan baku
Adalah persediaan bahan-bahan yang nantinya akan menjadi komposisi /bahan baku suatu produk jadi. Dengan karakteristik diperoleh dari pembelian lalu masuk proses produksi kemudian dijadikan wujud baru yang memiliki nilai lebih kemudian dijual.

Sediaan bahan pembantu
Adalah persediaan bahan-bahan yang nantinya akan menjadi komposisi /bahan pelengkap / pembantu berfungsi sebagai penyempurna  suatu produk jadi. Dengan karakteristik diperoleh dari pembelian lalu masuk proses produksi kemudian dijadikan wujud baru berpadu  dengan bahan penolong  yang memiliki nilai lebih kemudian dijual.

Sediaan produk jadi
Adalah persediaan bahan-bahan yang selesai diproses kemudian siap untuk dijual. Dengan karakteristik merupakan penyempurnaan wujud dari pemaduan antara bahan baku dan bahan pembantu, harga  pokok / nilai dari sediaan produk jadi memuat beberapa biaya yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik.

Sediaan barang dalam proses
Adalah persediaan barang dalam proses produksi / pengolahan bahan baku dan bahan penolong yang belum selesai / belum tuntas diproduksi. Seperti halnya produk jadi, nilai / harga pokok  dari sediaan barang dalam proses (BDP)  memuat beberapa biaya yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik.

0 komentar:

Posting Komentar